Minggu, 20 Oktober 2013

Candy Crush Saga, Cemilan Permen Bikin Nagih

Rate for Candy Crush Saga Game : 7,8 of 10

Ada banyak game di facebook, tahun lalu farmville, salon street dan cafe world cukup digemari teman2 saya. Notif fb kadang nongol undangan maen game, saya gak tertarik ikut. Kepopuleran farmville dkk mulai luntur. Dua-tiga bulan ini, teman2 kantor saya senang ngemut game permen, Candy Crush Saga. Di pantry selepas makan siang, sekumpulan rekan berdiskusi strategi untuk naek level. Bah, maen game aje pake strategi. Berawal dari rasa gak nyambung obrolan mereka, ditambah promosi teman2 permen ini bukan sembarang permen, beda dibanding game lain, game ini 'pake' otak harus punya strategi jitu. Termakanlah saya dengan promosi semacam itu.

Cek n ricek Candy Crush Saga, Sang Permen laris manis dalam dunia aplikasi fb, gak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Monthly Active Users (MAU) per September 2013 sebagai jumlah pengguna terbanyak, yaitu +133juta pengguna. Users semakin dimanjakan ngemut permen, 5 nyawa @ 30 menit habis, pindah ke aplikasi android. Menyusul Pet Rescue, Farm Heroes, Dragon City, FarmVille dan Texas Holdem Poker (sumber: www.insidefacebook.com/2013/09/06/top-25-facebook-,apps-september-2013/). Menginstal game ini tidak mudah bagi saya, sebab HP android saya tidak compatible *maklum HP Andorid generasi awal*. Flash Laptop kantor dan laptop rumah gak update, inet rumah kuota udah tipis jadi lemot, saya makin enggan update flash. Pinjam HP Android Bokap dan 2 adek saya yang versi androidnya compatible kok gak nemu ni Permen di GooglePlay. Aneh, berkali2 saya search GooglePlay di 3 HP + 1 tab kompak gak nemu. Rupanya Tuhan belum berkenan saya icip ni permen. -_-



Namanya juga manusia, pasti ada jalan. Berhubung akhir september adek saya beli laptop baru, sudah pasti Flashnya update. Muncullah kesempatan saya nyobain permen ini. Kesan pertama lumayanlah. Lebih dari 60 orang teman saya pernah ngemut Permen ini pada level yang berbeda-beda. Wow, belum lagi teman2 seperjuangan yang mau berbagi ilmu, memberi live saat nyawa saya habis padahal saya lagi ngebet maen, dan menolong saya melanjutkan level tertentu. Dari tanggal 05 Oktober 2013 sd 20 Oktober 2013, Saat ini saya ada di level 95. Karena lagi rajin, Saya tiap weekend bermain 4 kali @ 5 nyawa, dan malam sepulang kerja 1 kali @ 5 nyawa. Kata teman2, saya cukup cepat naik level. Dibandingkan teman2 sepermainan yang sudah di level 300-400, level saya mah tidak ada apa2nya. Buat yang sedang merintis Candy Crush tanpa cheat pada level di bawah saya, mungkin tips ala saya berikut ini berguna :

1). Tanamkan mindset dimana ada kesulitan level Candy Crush pasti ada jalan. Kesulitan di dunia nyata itu lebih "sulit" bro. #SokBijak.com
2). Cari teman sepermainan yang potensial, bisa dicari di top ten score tiap level, juara tiap episode, notif fb, aktivitas wall fb dan user yang stuck levelnya kurang dari 20 hari. Mereka bisa jadi tempat bertanya dan minta bantuan terutama untuk extra live, extra moves dan unlock ke episode berikut :D
3). Pahami pola kesulitaan permen tiap level. Level masih saja stuck berhari2? Lihat tutorial di youtube.com "Candy Crush Saga level ......" favorite saya adalah video dari skillgaming, tutorialnya real, masuk akal dan tanpa cheat apapun :)
4). Utamakan mencari 4 dan 5 permen yang sama, semakin paham pola permen semakin mudah menebak alur jatuhnya permen.
5). Practice more perfect, temen kantor saya rajin bgt berlatih hingga bisa level +200 *_*, bagi saya moodlah yang terpenting.
6). At Least, Ikuti Kata Hati, gak usah ngotot lanjut main, kalo efek negatif mulai muncul, contoh aja ya masih stuck berbulan2 padahal per hari selalu maen lebih dari 5 kali @ 5 nyawa?? atau ada progress tapi mulai addict sampe kehidupan real dicuekin?? --_____--

Point terakhir sedang saya rasakan, terdapat tanda2 kecanduan. Saya semakin kesal 5 nyawa saya habis, tidak sabar menanti 5 nyawa berikutnya. Gubrak. Hati saya menegur secara halus. Bersemangat maen game toh tidak menghasilkan apa2 di dunia nyata. Kebanggaan menyelesaikan suatu level cepat tergantikan dengan rasa penasaran menyelesaikan level yang lebih tinggi, gak terasa alokasi waktu luang habis untuk main game. Yah, Level 95 bagi saya sudah cukup memuaskan rasa penasaran saya menikmati permen ini. Sebelum detik2 hidup saya yang lain digunakan untuk "makan" permen atau game lain. Bagi yang masih SEMANGAT main Candy Crush, silakan saja, pesan saya hati2 jangan sampai kecanduan dan mulai memakan lebih banyak waktu untuk kehidupan nyata anda.

NB : Post ini merupakan salah satu upaya saya terapi "Berhenti Maen Candy Crush Saga dan Game Lainnya"

3 komentar:

SamBung Cerita mengatakan... [Reply]

Emang candy crush nagih banget deh. Sayangnya gak ada permen dingin kaya gini nih: http://on.fb.me/1jjPkWz :)

Julka Hendri mengatakan... [Reply]

Memang paling seru maingame ini, saya sudah level 347

Unknown mengatakan... [Reply]

cara melanjutkan candy crus saga yang sudah ganti handphone gimana ya?

Posting Komentar

Good Reader, Good Commentator :)

 
;